Cara Yang Baik Untuk Menerapkan Aturan Pada Anak

Sponsored Links

Bunda Cerdas - Didalam suatu keluarga senantiasa ada ketentuan yang perlu dipatuhi oleh semua anggota keluarga. Pada intinya ketentuan ini dibutuhkan dalam keluarga supaya semua sesuatunya bisa dikerjakan sesuai sama peran serta tanggung jawab semasing. Umumnya ketentuan ini senantiasa tidak sama pada keluarga yang satu dengan keluarga yang lain. Mungkin saja hal semacam ini tidaklah permasalahan saat ketentuan diaplikasikan pada anggota keluarga yang sudah dewasa, namun bagaimanakah dengan anak-anak? Bisakah mereka mematuhi ketentuan yang di buat dalam keluarga?

Cara Yang Baik Untuk Menerapkan Aturan Pada Anak


Mengaplikasikan ketentuan pada anak-anak tidaklah suatu hal yang gampang, terlebih saat mereka masuk saat remaja. Banyak orang-tua yang terasa kewalahan saat mesti mengaplikasikan ketentuan pada anaknya. Satu diantara argumennya yaitu anak-anak condong meremehkan ketentuan yang sudah di buat oleh orangtuanya. Namun bagaimanapun juga, juga sebagai orang-tua anda mesti bisa mengaplikasikan ketentuan serta disiplin pada anak. Walau mereka masih tetap kecil, namun telah semestinya mereka belajar untuk ikuti ketentuan yang diputuskan oleh orangtuanya. Lalu, bagaimana caranya mengaplikasikan ketentuan yang baik pada anak? Di bawah ini ada cara-cara yang butuh di perhatikan dalam bikin ketentuan dalam keluarga.


Sepakati Bersama

Dalam mengambil keputusan ketentuan, yakinkan ketentuan itu di buat serta disetujui berbarengan oleh semua anggota keluarga. Bila anda mau bikin ketentuan yang efisien, libatkan anak anda dalam bikin ketentuan, diskusikan, serta tanyakan gagasannya. Anda dapat mulai dengan bikin sebagian ketentuan simpel, seperti kapan saat makan, kapan saat tidur, kapan saat bermain, dan sebagainya. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk memperkenalkan anak pada ketentuan, serta melatih mereka supaya punya kebiasaan dalam mengaplikasikan ketentuan itu. Jauhi bikin ketentuan dengan cara sepihak atau diktator, yang cuma berpihak pada orantua. Lantaran ini bakal mengakibatkan hilangnya rasa yakin anak pada orang-tua.

Tentukan Konsekuensinya

Terkecuali mengambil keputusan ketentuan, anda butuh mengambil keputusan konsekwensi atau hukuman. Anda mesti tahu bagaimana caranya menangani anak saat mereka tidak mematuhi ketentuan, serta mengambil keputusan konsekwensinya. Anda bisa mulai dengan berikan hukuman yang enteng saat anak anda tidak mematuhi ketentuan. Misalnya, dengan membatasi saat mereka melihat tv, kurangi jam bermain video game, atau kurangi duit jajan. Semua suatu hal yang terlalu berlebih pada intinya tak baik, karenanya jangan sampai bikin konsekwensi yang terlampau keras saat anak anda tidak mematuhi ketentuan.

Berikan Penjelasan

Selanjutnya anda butuh berikan penjelasan perihal seluruhnya ketentuan itu pada anak. Saat anak di beri penjelasan, mereka diinginkan untuk tahu serta mengerti perihal apapun yang perlu dipatuhi serta ditangani, beserta dengan konsekwensinya. Dengan demikian mereka bakal mengerti apa mengakibatkan jika tidak mematuhi ketentuan itu. Anda dapat juga mengubah pada ketentuan sesuai sama hasrat atau keperluan anak, lantaran hal semacam itu bakal bikin anak terasa dihargai.

Konsisten Selalu

Ketekunan mutlak diperlukan dalam mengaplikasikan ketentuan. Supaya ketentuan yang sudah di buat bisa digerakkan dengan cara berkelanjutan, anda dapat bikin ketentuan itu berbentuk tercatat, hingga seluruhnya anggota keluarga bakal konsentrasi dengan ketentuan serta konsekwensi yang sudah diputuskan. Lantaran saat ketentuan itu tak diaplikasikan dengan cara berkelanjutan, anak juga bakal berasumsi hal semacam itu juga sebagai suatu hal yg tidak utama. Begitupun waktu memberi hukuman, ketentuan terus mesti dikerjakan walau situasi tak sangat mungkin. Anda butuh berlaku tegas namun tak emosional.

Berikan Reward

Dalam mengaplikasikan ketentuan, reward atau penghargaan tak kalah utama dengan hukuman. Reward butuh diberikan saat anak sukses mematuhi ketentuan yang diputuskan, lantaran hal semacam ini bakal bikin mereka makin terpacu serta semangat dalam menggerakkan ketentuan. Terkecuali reward, anda dapat juga berikan mereka pujian saat menggerakkan ketentuan dengan baik.

Jadilah Role Model

Orang-tua yaitu role jenis untuk anak. Serta juga sebagai orang yang mengambil keputusan ketentuan dalam keluarga, anda harus untuk memberi misal pada anak dengan menggerakkan ketentuan yang anda tentukan sendiri. Lantaran bila anda sendiri tak mematuhi ketentuan yang anda bikin, bagaimanakah orang lain bisa mematuhinya. Dengan berikan misal serta teladan pada anak, hal semacam ini malah bakal berikan motivasi anak untuk melakukan tindakan yang sama.

Baiknya semua ketentuan yang di buat mesti terang serta dipatuhi oleh semua anggota keluarga. Lantaran ini bakal jadi misal riil untuk anak, bahwa orangtuanya juga mematuhi ketentuan yang sudah di buat berbarengan. Kerapkali ketentuan yang di buat tak berlaku untuk orang-tua, serta ketentuan itu cuma untuk menghukum anak jika lakukan kekeliruan. Ini yaitu satu diantara misal ketidak disiplinan orang-tua juga sebagai pembuat ketentuan. Serta jika ada ketentuan spesifik yang kerap dilanggar dengan cara terus-terusan, baiknya anda selekasnya lakukan penyesuaian untuk beroleh hasil yang tambah baik.

Demikian ulasan mengenai Cara Yang Baik Untuk Menerapkan Aturan Pada Anak, jangan lupa baca artikel yang lain di Bunda Cerdas. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: