Gizi Untuk Ibu Hamil

Sponsored Links

Kebutuhan gizi ibu hamil memang sudah semestinya lebih banyak jika dibandingkan anda yang belum hamil. Hal ini dikarenakan tidak hanya tubuh ibu hamil saja yang membutuhkan gizi, janin yang ada dalam kandungan pun membutuhkannya untuk perkembangan. Untuk itu, secara tidak langsung, asupan gizi janin yang ada dalam kandungan tergantung dari asupan gizi yang diperoleh tubuh ibu hamil.

Gizi Untuk Ibu Hamil
image: hamilplus.com

Memasuki awal kehamilan, anda akan mengalami beberapa perubahan dalam tubuh anda. Secara fisik memang jelas berubah, selain itu sistem hormonal pun akan berubah dan umumnya akan menimbulkan beberapa gejala awal seperti sering mual. Hal ini tentu akan membuat nafsu makan anda menurun, tetapi jika anda mengingat bahwa dari makanan tersebut anda akan mendapatkan gizi untuk calon buah hati, tentu anda akan tetap berusaha memenuhinya.

Nah, berikut ini ada beberapa kebutuhan gizi ibu hamil yang memang sebaiknya anda penuhi. Apabila anda tertarik untuk mengikutinya, silahkan simak uraian di bawah ini.

1. Vitamin

Ibu hamil memang membutuhkan banyak vitain untuk tubuhnya. Vitamin yang paling dibutuhkan yaitu vitamin C dan juga vitamin A. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi anda dan juga janin dari adanya radikal bebas. Selain itu, antioksidan ini juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Sedangkann vitamin A diperlukan tubuh untuk membantu dalam perkembangan embrio dan juga baik untuk penglihatan. Vitamin A juga dapat mencegah terjadinya bayi lahir secara premature dan juga pencegahan terhadap bayi lahir dengan berat badan rendah. Adapun sumber vitamin C dapat anda peroleh dari jenis buah-buahan dan juga sayur-sayuran sedangkan vitamin A dapat anda peroleh dari mentega, kuning telur dan juga beberapa sayuran yang berwarna merah.

2. Zat Besi

Perlu anda ketahui bahwa ibu yang sedang hamil akan mengalami perubahan yaitu volume darah yang bertambah untuk menampung pasokan perubahan tubuh dan juga pasokan darah bayi. Untuk itu, wajar jika ibu yang sedang hamil membutuhkan banyak zat besi. Selain itu, zat besi juga dapat mencegah dari adanya bayi lahir premature dan juga berat badan bayi yang rendah. Jika pasokan zat besi dalam tubuh dalam jumlah yang kurang memadai, maka tubuh akan rentan terhadap infeksi dan juga mudah lelah.

Beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber zat besi adalah sayuran hijau, daging merah dan juga ikan. Selain kebutuhan gizi ibu hamil di atas, anda juga harus memenuhi asupan beberapa senyawa yaitu kalsium, kalori dan juga seng. Hal ini juga demi perkembangan anak yang ada dalam kandungan anda. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: