Pengertian Dan Gejala Kehamilan

Sponsored Links

Pengertian Kehamilan yaitu rangkaian sistem yang dihadapi oleh wanita yang dengan diawali pertemuan pada sel telur serta sel sperma didalam indung telur (ovarium) wanita, lantas berlanjut ke pembentukan zigot, perlekatan atau melekat pada dinding rahim, pembentukan plasenta, serta perkembangan dan perubahan hasil rencanasi hingga cukup saat (aterm).

Pengertian Dan Gejala Kehamilan

Ada beberapa gejala kehamilan yang sering dijadikan petunjuk untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak. Beberapa gejala kehamilan diantaranya adalah :

1. Amenore

Bagi wanita normal yang mengalami menstruasi secara teratur, amenore adalah salah satu bukti dini kehamilan, terutama bila gejala-gejala dini lainnya juga tejadi

2. Perubahan Payudara

Nyeri, nyeri tekan, terasa berat dan perbesaran adalah gejala awal perubahan payudara. Kemudian terjadi pigmentasi, perubahan puting, sekresi kolostrum dan perbesaran vena. Perubahan ini sangat signifikan pada wanita yang belum pernah hamil

3. Mual dan Muntah

Terjadi segera setelah periode menstruasi pertama tidak terjadi, banyak wanita mengalami derajat yang bervariasi dari mual, pening dan muntah. Hal ini disebut dengan morning sickness karena gejala-gejala lebih sering terjadi setelah sarapan pagi. Diyakini bahwa morning sickness adalah respons awal tubuh terhadap tingginya kadar progesteron. Gejala biasanya menghilang pada tiga bulan walaupun pada kasus tertentu muntah-muntah dapat lebih lama. Keadaan tersebut kemudian disebut pernicous vomiting (muntah-muntah pernisiosa) dan ditangani sebagai komplikasi abnormal pada kehamilan

4. Frekuensi Berkemih

Kongesti darah pada organ-organ pelvik meningkatkan sensitivitas jaringan. Tekanan karena perbesaran uterus pada kandung kemih menstimulasi saraf dan mentriger keinginan untuk berkemih selama kehamilan. Infeksi saluran perkemihan, trauma dan pertumbuhan tumor dapat menunjukkan gejala serupa

5. Leukorea (Keputihan)

Peningkatan sekresi vaginal disebabkan oleh efek stimulasi hormon pada kelenjar dan peningkatan suplai darah ke pelvik terjadi amat dini pada kehamilan. Setiap keluaran yang berlebihan, kuning kehijauan atau setiap perdarahan yang terjadi selama kehamilan adalah tidak normal dan harus segera diteliti.

6. Tanda Chadwick’s (Bercak Keunguan pada Vagina)

Suatu perubahan awal yang dapat terlihat pada pemeriksaan adalah warna mukosa vagina, yang menjadi ungu kebiruan karena meningkatnya suplai darah. Bagaimanapun, setiap kongesti pada pelvik dapat menyebabkan gejala-gejala ini, tidak hanya kehamilan.

7. Quickening

Quickening adah istilah kuno yang berarti “perasaan pertama adanya kehidupan”. Sensasi getaran ini seperti kupu-kupu terbang, yaitu dirasakan pertama oleh calon ibu sekitar 22 minggu masa gestasi. Bagi wanita yang sebelumnya pernah hamil mungkin merasakan gerakan pada 20 minggu. Walaupun tanda-tanda tersebut menguatkan bagi wanita, quickening tidak membuktikan kehamilan. Tanda-tanda ini subyektif, bukan bukti objektif yang nyata.

Itulah ulasan Pengertian dan Gejala Kehamilan dari kami, semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat. Pesan kami adalah jagalah kondisi kehamilan anda dengan pola hidup sehat dan mematuhi anjuran dokter.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: