Cara Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

Sponsored Links

Kehamilan sebagai peristiwa besar dalam hidup seorang wanita akan membuatnya sempurna. Hamil adalah proses yang hanya bisa dialami oleh wanita dan tidak bisa digantikan oleh pria. Untuk itulah wanita perlu menjaga kesehatan selama hamil demi calon bayi yang ada dalam kandungannya. Untuk menjaga kesehatan, wanita harus menjaga kebersihan tubuh dan lingkungannya. Tanpa kebersihan maka kesehatan wanita hamil akan menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. 

Cara Menjaga Kesehatan Wanita Hamil
image: solusisehatku.com

Untuk itulah wanita harus memperhatikan kebersihan beberapa bagian tubuhnya seperti berikut ini:

Kebersihan Tubuh Dan Payudara

Merawat kebersihan tubuh dan payudara sangat penting. Tetapi untuk wanita hamil yang memiliki riwayat keguguran berulang hendaknya mengurangi stimulasi (rangsangan ) menarik – narik puting payudara saat hamil muda karena bisa merangsang hormon oksitosin dan menyebabkan kontraksi rahim. Perhatikan kebersihan payudara dan tubuh dengan mandi teratur sehari sebanyak tiga kali. Hal ini sangat penting agar kulit sehat serta peredaran darah ke seluruh tubuh lancar. Pembesaran ukuran payudara membuat ibu sedikit kurang nyaman di awal kehamilan sampai menjelang akhir kehamilan. Gunakan Bra atau BH yang sesuai ukurannya.

Kebersihan Tangan

Wanita hamil harus menjaga kebersihan tangan juga kukunya. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan pekerjaan dan sebelum makan adalah salah satu caranya. Suka memelihara binatang? Hati hati ya dengan kucing dan kelinci dan unggas atau mungkin hobby menanam bunga? Pakailah sarung tangan sehingga tidak terkontaminasi dengan pupuk atau kotoran hewan. Ingat diare kadang disebabkan hal yang remeh dan sepele. Tetapi bisa berbahaya untuk ibu hamil. Badan jadi lemah, kekurangan cairan dan infeksi saluran cerna. Untuk yang suka bermain dengan kucing, anjing, kelinci atau unggas, berhati-hati dengan resiko penyebaran virus toksoplasmosis melalui binatang dan unggas melalui kotoran hewan tersebut patut dilakukan.

Demikianlah kami memberikan informasi kepada anda semua mengenai cara menjaga kesehatan ibu hamil, semoga kehamilan anda selalu terjaga. Dan informasi ditas dapat membantu. Terima kasih.

Sponsored Links
Tuliskan Pendapatmu Disini: